Ads 720 x 90

5 Hal Yang Harus di Waspada dari Penipuan Lowongan Kerja

5 Hal Yang  Harus di Waspada dari Penipuan Lowongan Kerja

Sengitnya persaingan di dunia yang semakin maju dan canggih ini membuat orang harus lebih giat dalam memutar otak untuk mendapatkan kebutuhan sehingga bisa bertahan hidup. Tak jarang cara terlarang pun seolah menjadi hal yang legal untuk dilakukan, baik dari tindakan yang secara nyata menunjukkan perilaku yang melanggar hukum seperti mencuri dan merampok, hingga sampai pada tindakan yang secara eksplisit terlihat ingin ‘membantu’ sesama untuk dapat menjalankan bisnis dengan untung yang besar dan menggunakan metode-metode bisnis yang cukup jarang dikenal masyarakat luas, salah satunya lewat modus penipuan lewat tawaran lowongan kerja.

Kasus bisnis online menjadi salah satu kasus penipuan yang cukup marak terjadi di negeri ini. Sebagai salah satu bentuk baru dalam menjalankan bisnis yang terlihat lebih efektif dan efisien, model bisnis ini kini menjadi tren penipuan yang cukup menguntungkan si penipu. Tak jarang dari mereka yang berhasil meraup untung hingga miliaran rupiah. Ironisnya, kasus ini tak mengenal siapa korbannya, entah karyawan, ibu rumah tangga, hingga pelajar atau mahasiswi yang terbujuk rayuan bekerja mudah dan untung besar dengan sistem manajemen bisnis yang inovatif.

Apa yang menjadi daya tarik bagi banyak orang mengenai bisnis online ini? Nampaknya membangun bisnis online dinilai sebagai salah satu pekerjaan yang cukup hanya dengan mengandalkan gadget dan koneksi internet untuk menjalankan bisnisnya. Sayang, internet marketing bukanlah sebatas ilmu mengenai promosi produk kepada konsumen mengenai suatu barang atau jasa yang dijual. Selain implementasinya yang cukup rumit, risiko dari internet marketing pun tidak sedikit. Dengan tidak bermaksud merendahkan motivasi seseorang yang ingin berkecimpung secara serius dalam dunia bisnis online, tetapi kewaspadaan menjadi hal yang harus dimiliki oleh para calon pegawai ini.

Lantas, bagaimana cara untuk menghindari penipuan lowongan kerja online yang sangat merugikan ini? Meskipun para penipu bisnis online ini selalu memotivasi Anda untuk bergabung dengan kalimat ‘dapat kerja dengan cara yang mudah’ tetapi Anda harus tahu persis mengenai bisnis online yang ditawarkan. Beberapa hal yang bisa Anda jadikan pedoman untuk menghindarkan diri Anda sebagai calon korban lowongan kerja 'abal-abal' ini kami sajikan sebagai berikut.

1. Tawaran yang Terlalu Menggiurkan
Tidak bisa dipungkiri bahwa uang merupakan suatu kebutuhan yang menjadi prioritas utama bagi sebagian besar orang dan sebagai alasan mengapa mereka bekerja. Mendapatkan uang di zaman dengan persaingan seketat ini menjadi tantangan yang cukup berat bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang pendidikan cukup atau memiliki keunggulan dalam bentuk kemampuan (skill) dalam bekerja sesuai dengan yang diminati.

Ini selalu menjadi hal yang sangat dijunjung tinggi oleh para penipu bisnis online untuk dapat merekrut anggotanya sehingga banyak orang tertarik untuk bergabung. Berkenaan dengan keadaan persaingan yang begitu ketat, kalimat ‘bekerja mudah, untung besar’ merupakan promosi yang paling eyecatching dan paling menarik minat orang. Apalagi dengan embel-embel bekerja mudah dan untung yang besar inilah orang semakin tergiur karena merasakan bagaimana susahnya mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk bertahan hidup, terutama bila mereka sudah berkeluarga atau menanggung kebutuhan hidup orang lain.

Meski dunia online cukup memberikan kemudahan dalam bekerja, salah satunya bekerja dalam sektor bisnis, tidak berarti ini akan menjamin Anda akan mendapatkan keuntungan secara mudah, cepat, dan nominalnya fantastis. Hati-hati terhadap bisnis online yang berani menjamin Anda bisa mendapatkan keuntungan besar dengan pengorbanan sangat minimal.

2. Keberadaan Perusahaan Tidak Bisa Diverifikasi
Ini juga merupakan penipuan lowongan kerja atau bisnis yang perlu Anda waspadai. Sebuah bisnis setidaknya akan membutuhkan bangunan fisik untuk melakukan pencatatan sederhana, sekalipun itu sebuah bisnis rumahan. Tetapi yang pasti adalah jelasnya keberadaan sebuah bangunan yang merupakan sentral seseorang menjalankan bisnis tersebut.

Bagaimana bila Anda tidak bisa memverifikasi adanya gedung perkantoran bisnis apalagi tidak bisa mengetahui secara jelas alur jalannya sebuah bisnis hingga bisa menghasilkan keuntungan yang bisa dikatakan tidak umum? Anda patut waspada terhadap bisnis online yang tidak bisa menunjukkan kantor pusat apalagi tidak bisa menjelaskan secara rinci kepada Anda mengenai alur bisnis yang harus dijalankan. Bagaimana bisa sebuah bisnis (yang dipromosikan merupakan bisnis besar) tidak memiliki kantor? Bagaimana para karyawannya bekerja? Sebuah kantor besar pastilah memiliki karyawan yang jumlahnya cukup banyak untuk menangani bisnis yang diakui mencakup wilayah regional bahkan internasional. Bila tak ada gedung perkantoran, apakah memang mereka semua menjalankan pekerjaannya dari rumah? Bagaimana bila ada seseorang ingin melamar di kantor tersebut bukan sebagai agen namun posisi lain?

Semua pertanyaan tersebut berkaitan dengan gedung fisik. Lantas bagaimana dengan alur atau proses berjalannya bisnis yang katanya bisa menjanjikan Anda sebuah keuntungan besar? Bila Anda pun tidak mengetahui bagaimana cara menjalankan bisnis, dari mana Anda bisa melakukan transaksi bisnis? Dari mana Anda bisa mendapatkan keuntungan bila tidak ada transaksi bisnis? Bisnis online yang tidak bisa menjelaskan kepada Anda bagaimana cara menjalankan bisnis yang mereka miliki patut Anda curigai.

3. Tidak Terdapat Kantor Perwakilan yang Berada di Indonesia
Tidak jarang bisnis online yang berani mengklaim bahwa perusahaan mereka merupakan cabang dari sebuah perusahaan bisnis besar dan sudah terkenal yang ada di luar negeri. Tak jarang mereka pun memberikan promosi bahwa produk mereka merupakan produk laris di luar negeri dan kerap kali mendapatkan penghargaan sebagai bisnis online terbaik dan kini melebarkan sayap untuk meraih keuntungan lebih banyak di negeri orang.

Lantas, perusahaan tersebut menyebutkan tidak memiliki kantor perwakilan yang berlokasi di Indonesia. Jika begitu, maka ada sesuatu yang salah di sini. Pertama, sebuah perusahaan multinasional bukanlah sebuah perusahaan yang kecil. Jelas karena dari sisi merk yang dikenal luas, produk yang diakui baik, bisnis yang diketahui berjalan sejak lama, berbagai program CSR yang turut mendukung berjalannya bisnis ini, merupakan indikator bahwa bisnis ini bukan bisnis yang sekadar fokus pada keuntungan tetapi juga berusaha mematuhi hukum bisnis yang berlaku beserta memperlihatkan tanggung jawabnya secara sosial. Kedua, logika mudahnya, bila bisnis tersebut merupakan sebuah bisnis yang bergerak di bidang penjualan barang atau retailer, pasti mereka akan memiliki sebuah kantor perwakilan resmi yang mengurus dan menginventori barang atau produk yang akan mereka jual. Ketiga, kantor perwakilan juga bertugas untuk melayani pertanyaan, kritik, maupun saran pelanggan sebagai masukan bagi bisnis untuk memberikan produk terbaik bagi konsumen.

Bila perusahaan yang menawarkan lowongan kerja yang Anda minati tidak memiliki kantor perwakilan di Indonesia, padahal mengaku sebagai perusahaan besar dari luar negeri? Jangan terbawa harapan dulu. Teliti lebih lanjut mengenai keberadaan bisnis online ini di negara asalnya serta cari informasi lebih lanjut mengenai review konsumen di luar negeri mengenai perusahaan, bisnis yang dijalankan, serta produknya.

4. Memiliki Kantor Fisik Juga Bukan Jaminan Aman
Kontradiktif dengan poin sebelumnya, namun ini merupakan hal yang juga perlu Anda waspadai, bahwa dengan adanya bentuk fisik sebuah bisnis seperti adanya gedung perkantoran, tidak menjamin bahwa bisnis tersebut merupakan bisnis dari sebuah perusahaan yang benar-benar terdaftar sebagai perusahaan bisnis di Indonesia yang legal. Teliti lebih lanjut mengenai keberadaan kantor, bisnis yang dijalankan, review dari beberapa pekerja, dan berita-berita terkait dengan bisnis tersebut.

5. Pendapatan Merupakan Hasil dari Perekrutan
Ini merupakan cara yang kerap kali digunakan oleh banyak bisnis online sekarang. Kebanyakan mereka menawarkan pekerjaan atau bisnis yang mengharuskan Anda merekrut rekan-rekan sebagai bawahan Anda (yang otomatis terdaftar sebagai anggota atau agen dari bisnis online tersebut) dan Anda akan diberi reward berupa uang tunai sebagai honor Anda telah berhasil merekrut orang. Hati-hati dengan sistem seperti ini. Meskipun mereka memiliki produk yang ditawarkan sebagai barang bisnis, tak sedikit dari bisnis online ini yang lebih banyak menawarkan Anda keuntungan ketika Anda berhasil merekrut orang dalam jumlah banyak daripada berhasil menjual produk mereka dalam jumlah besar. Logika sederhananya, bagaimana perusahaan mendapatkan keuntungan untuk membayar agennya ketika produk mereka tidak cukup laku terjual?

Teliti Sebelum Menerima Tawaran Kerja
Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda ingin mencari lowongan kerja di bisnis online. Hati-hati menjadi kunci yang perlu Anda pertahankan ketika memiliki keinginan untuk bergabung dalam bisnis online yang marak ditawarkan di sekitar Anda. Teliti lebih lanjut mengenai validitas bisnis dan bagaimana bisnis mereka dijalankan untuk memastikan bahwa Anda melakukan bisnis secara benar dan legal di mata hukum., Jadi, jangan sampai jadi korban penipuan berikutnya ya!

Sumber : https://www.cermati.com/artikel/waspada-penipuan-lowongan-kerja-di-perusahaan-online-gadungan

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter